Monday, November 9, 2009

ciputra

News Update

Memotivasi Enterpreneur Muda Ala Ciputra
Judul Buku : The Ciputra’s Way, Praktek Terbaik Menjadi Entrepreneur Sejati
Penulis : Andrias Harefa & Eben Ezer Siadari
Halaman : xxviii + 155 Halaman
Penerbit : PT Elex Media Komputindo


David Copperfield, pesulap paling seantero dunia pernah menunjukkan pentingnya mimpi dan imajinasi untuk mencapai tujuan. Dari mimpi, Copperfield akhirnya bisa terbang, menghilangkan patung Liberty, menembus tembok China, menghilangkan kapal di Segitiga Bermuda. Semua yang dilakukan Copperfield bukan ilusi atau trik sulap biasa. Tapi bentuk nyata dari kecerdasan, semangat, kerja keras dan motivasi untuk mencapai kesempurnaan sebuah karya.



Bukan hanya Copperfield. Semua orang sukses, dari Albert Einstein sampai Thomas Alva Edison tak pernah menggapai sukses tanpa mimpi, motivasi, kerja keras dan semangat pantang menyerah. Bermula dari mimpi, Alva Edison termotivasi merealisasikan mimpinya lewat kerja keras dan semangat pantang menyerah. Thomas Alva Edison melakukan percobaan sampai seribu kali lebih sebelum menemukan bohlam lampu yang sekarang kita nikmati.



Dalam versi Indonesia, ada satu nama yang memiliki mimpi, motivasi, semangat pantang menyerah dan bersedia keras. Dia adalah Ir Ciputra. Lewat mimpinya untuk menciptakan Taman Wisata Terpadu, lahirlah Taman Impian Jaya Ancol yang sekarang dikenal sebagai Jakarta Bay City. Dari mimpi pula lantas imajinasi Ciputra menerawang dan bermuara pada lahirnya berbagai mega proyek properti prestisius.



Tanpa mimpi dan semangat untuk maju, tak akan ada perumahan Bintaro Jaya, Kota Internasional Bumi Serpong Damai, Perumahan Elit Pondok Indah, Pasar Senen, Kota Mandiri Citra Raya di Surabaya hingga Kota di tepian lautan, Pantai Indah Kapuk.



Dari semua proyek tersebut, Ciputra mengaku, modal utamanya membangun proyek properti tersebut bukanlah dana, tapi dahi (otak). Arsitek lulusan ITB ini menjual konsep yang lahir dari mimpinya kepada penyandang dana. Ciputra mengawali mimpi besarnya dengan langkah kecil, menawarkan gagasan dan keahlian kepada Gubernur DKI kala itu, H Soemarno Sostroatmodjo. Langkah kecil yang lantas diubah menjadi think big, act big.



Meski banyak mengulas kiprah Ciputra, tapi buku ini bukan bercerita tentang kesuksesan, tapi proses menuju sukses. Semua diawali dari keberanian menjadi enterpreneur, mandiri. Berani mengambil resiko.



Enterpreneur, banyak defisini. Tapi intinya adalah sosok yang berani mandiri, berani menerima tantangan dan menghadapi resiko. Dicetuskan oleh Richard Cantillon, paruh pertama abad 18 (1730). A self-employed person with uncertain returns. Dan Ciputra telah membuktikan, hanya lewat kerja keras dan semangat mau terus belajar, bakat enterpreneur akan tercipta dengan sendirinya. Bagi generasi muda yang ingin menimba ilmu enterpreneur, bisa mempelajari langkah Ciputra lewat tips dan historis penting yang ditandai dalam boks-boks ringkasan.



Isi Buku :


The Ciputra’s Way merupakan paparan Ciputra bagaimana memulai langkah menjadi enterpreneur. Jawaban Ciputra bagi para pemula bisnis bagaimana menjadi entrepreneur sejati. Penulis mengelompokkan solusi tersebut dalam 3 bab besar yakni Menjadi Entrepreneur Seperti Ciputra; Menggali Ide-ide Bisnis dan Memulai Bisnis Baru : Sepuluh Prinsip Ciputra.


Dalam Bab I, pembaca akan mengetahui lebih jauh sosok Ciputra dan lika-likunya menjadi entrepreneur. Bahkan sejak anak-anaknya masih kecil, aroma bisnis sudah diperkenalkan pada mereka. Kesuksesan Ciputra membangun bisnisnya, seperti dikatakan pada penulis, satu diantaranya bermodalkan movitasi. Ciputra sendiri tumbuh di lingkungan keluarga pebisnis. Dan itu memunculkan motivasi kuat dalam dirinya untuk menjadi pebisnis handal di bidang properti sesuai bidang pendidikan yang ditekuni (hal 34).



Bab II, dalam menggali ide-ide bisnis dan memulai bisnis, penulis menampilkan mimpi-mimpi Ciputra. Seluruh proyek prestisius yang dihasilkan Ciputra berasal dari mimpi-mimpinya selama puluhan tahun. Setiap muncul ide dimana dan kapan pun, Ciputra selalu mencatatnya. Ia mengajak beberapa orang yang dinilai bisa mewujudkan impiannya. Satu impian yang terus dikejar Ciputra saat ini adalah membangun Taman Wisata Terpadu dengan bermodalkan pegunungan setinggi 600 meter dengan luas lahan lebih dari 1000 hektar (hal 74).



Bab III, penulis memaparkan tentang 10 keputusan penting yang pada akhirnya menjadi tonggak sejarah yang dinilai Ciputra punya nilai historis terpenting dibanding 6.132.000 keputusan lainnya. Sepuluh keputusan itu menunjukkan tahapan perjalanan Ciputra dalam mengembangkan bisnisnya dan membangun jaringan kerja dengan mitra bisnisnya. Satu diantaranya, keputusan yang ke sepuluh dimana Ciputra memilih strategi untuk fokus pada bisnis properti dan mengarahkan grup Ciputra menjadi Multi National Corporation (hal 85).


Deskripsi :
Buku yang ditulis oleh seorang inspiring dan wartawan ekonomi bisnis ini akan bermanfaat bagi pustaka Indonesia. Seluruh pemikiran Ir Ciputra yang dikenal sebagai pioner properti Indonesia dipaparkan oleh kedua penulis secara runtut dan dipertegas dengan uraian pemikiran dalam box tersendiri di setiap akhir.

Bagi kawula muda yang ingin mengikuti jejak suskes Ir Ciputra sebagai seorang entrepreneur, wajib membaca buku ini. Anda tidak akan lelah membacanya, karena buku ini bukan biografi Ir.Ciputra. Tapi ada pelengkap pemikiran-pemikiran tokoh dunia yang dijadikan penyeimbang dalam pemaparan kesuksesan Ir.Ciputra. Cocok pula bagi pengusaha karena buku ini akan menyegarkan kembali pemikiran-pemikiran yang mungkin bisa dijadikan guidance mengembangkan usahanya

No comments:

Post a Comment

KNKT Ungkap Fakta Baru, Misteri Jatuhnya Lion Air JT610

KNKT Ungkap Fakta Baru, Misteri Jatuhnya Lion Air JT610 Artikel ini telah tayang di  serambinews.com  dengan judul KNKT Ungkap Fakta Bar...